Sabtu, 12 Desember 2009

Pompa Jantung Bermasalah


Kabar untuk siapa saja yang bermasalah dengan jantung boleh berdecak kagum dan gembira karena tekhnologi untuk pengganti jantung sudah ditemukan, bukan berarti jantungnya dicopot dan digantikan jantung yang lain. Sejak uji klinis pertama kali tahun 2001, manusia sudah bisa menggunakannya. Pompa mini pengganti jantung ini diberi nama AbioCor adalah jantung buatan implantable pertama di dunia . Terbuat dari logam titanium dan plastik yang sangat licin sehingga darah tidak menempel, darah diupayakan mengalir dalam gerakan spiral.
Jantung buatan ini di uji coba kepada lima penderita gagal jantung tingkat lanjut, sehingga tak dapat menerima transpalantasi jantung. Desain AbioCor ini adalah versi sederhana dari tata letak jantung. AbioCor sebagai alternatif transpalantasi jantung, karena suplai donor jantung sangat terbatas dan waktu tunggunya sangat lama tergantung orang yang mendonorkan jantungnya.
Bagaimana jantung buatan ini bisa memompa darah?
Jantung pasien tersebut dikeluarkan dan menyambungkan pompa ke pembuluh darah utama sebagai pengganti jantung permanen.
Perlu diketahui bahwa jantung manusia terdapat empat bilik, dua bilik pengumpul darah (atria) dan dua bilik lagi pemompa darah (ventrikel). Dan setiap bilik berfungsi mengumpulkan kemudian memompanya .
Menurut dokter dan staff ahlinya, ada tujuh (7) cara kerja pompa mini ini, yaitu:
- Motor menyalakan kantong berisi cairan, yang berfungsi membuat gerakan memompa
- Motor mendorong kantong kearah kanan pasien, agar bilik kanan berkontraksi
- Tekanan dalam bilik kanan berkontraksi meningkat, sebuah katup terbuka dan darah mengalir ke luar menuju paru-paru
- Pada saat yag sama bilik kiri mengembang
- Katup di belakang jantung terbuka, mengalirkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung
- Kantong bergeser ke kiri dan darah yang kaya oksigen terpompa keluar dari jantung dan menyebar ke seluruh pembuluh darah pada tubuh
- Bilik kanan mengembang dan katup mengalirkan darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung dan seterusnya, siklus ini berulang.
Pusat kendali dan tenaga bersumber dari baterai yang dapat diisi ulang selama 40 menit setiap kali isi. Kumparan penerima yang ditanam di bawah kulit menerima tenaga, mengisi baterai internal. Untuk periode panjang seperti ketika tidur, sistem jantung AbioCor disambungkan ke saluran listrik standar. Sedangkan harapan hidup pasien dalam uji klinis diharapkan bisa hidup setidaknya 60 hari pasca operasi . AbioCor sendiri di design untuk bertahan sampai 5 tahun. Hehehehe, Anda berminat untuk mengganti jantung Anda ! ! ! !

Tidak ada komentar: